BANTUAN : 089508011555

Pelatihan Rias Pengantin di LKP Mahkota Bina Karya Sleman

Peluang menjadi pengusaha jasa tata rias pengantin sangat terbuka lebar. Masih banyak dibutuhkan perias pengantin yang kompeten dan profesional. Hal inilah yang membuat LKP Mahkota Bina Karya mengadakan Pelatihan Tata Rias Pengantin Gaun Panjang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayan RI melalui Program  Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Kegiatan pelatihan Tata Rias Pengantin Gaun Panjang dilaksakanakan di LKP Mahkota Bina Karya, Perum Popongan BB-03 RT.18, RW 30, Sinduadi, Mlati, Sleman. Dengan didukung ruangan yang nyaman, fasilitas yang lengkap dan instruktur yang berpengalaman, LKP Mahkota Bina Karya (MBK) telah banyak mendidik perias-perias yang kompeten dan professional. Banyak alumninya yang sukses menjadi perias maupun pengusaha jasa rias pengantin.

Menurut pimpinan LKP Mahkota Bina Karya, Yeti Kurniati Pamulih, Pogram Pendididikan Wirausaha Tata Rias Pengantin Gaun Panjang ini diikuti 20 peserta berasal dari wilayah Sleman dan DIY. Selama 37 hari (Senin sampai Jumat) para peserta dibekali dengan materi-materi pelatihan : Merias wajah lengkap dan membuat sanggul pengantin gaun panjang, memasang mahkota, siluer, dan perhiasan rambut. Memakaikan busana, perlengkapan, dan perhiasan, Membuat keterampilan hand bouquet/ bunga tangan. Dibekali juga materi kewirausahaan.

“Dengan mengikuti Pelatihan Diharapkan peserta didik dapat menerapkan ilmunya dan berwirausaha mandiri. Kami sudah bekali para peserta dengan ilmu, wawasan, dan ketrampilan yang lengkap sehingga para peserta siap terjun ke masyarakat sebagai wirausahawan” Kata Yeti Kurniati Pamulih pada acara penutupan acara Program Kecakapan Wirausaha yang dihadiri oleh Eko Sumardi, M.Pd (Kepala BPPaud Dikmas DIY), Mulyani, S.Pd (Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik, Dinas Pendidikan Kab. Sleman), Dra. Sri Mulyani (Kasi Kurikulum, Dinas Pendidikan Kab. Sleman), dan Drs. Suhartoyo (Ketua HIPKI DPC Sleman).

Dalam sambutannya, Eko Sumardi, M.Pd berpesan agar para peserta dapat berwirausaha mandiri,  membuka lapangan kerja baru, dan dapat menyebarkan informasi tentang kursus yang didanai oleh pemerintah ke warga sekitar tempat tinggal agar lebih banyak para wirausahawan yang tercipta. “Pasarnya masih sangat luas dan tak akan pernah habis. Selama masih ada orang menikah, jasa perias pengantin masih sangat dibutuhkan. Ambil peluang ini dengan sebaik-baiknya.” Kata Eko Sumardi, memberikan semangat kepada para peserta.

 Sementara itu, Ketua DPC HIPKI Sleman, Drs. Suhartoyo memberikan pesan motivasi kepada para peserta diklat agar lebih percaya diri saat merintis karir sebagai wirausahawan di bidang Tata Rias Pengantin. “Sebagai seorang wirausahawan harus memiliki bekal keyakinan rasa percaya diri yang kuat. Yakin pada produk yang ditawarkan dan yakin pada kemampuan yang dimilikinya. Kalau Anda sendiri tidak yakin, bagaimana konsumen mau percaya?” Kata Hartoyo.

Para peserta pelatihan merasa senang dan gembira mendapat kesempatan mengikuti program Pendidikan Kecakapan Wirausaha yang diselenggarakan oleh LKP Mahkota Bina Karya dan berharap ilmu yang diperolehnya ini menjadi bekal untuk memulai usaha mandiri di bidang Rias Pengantin. “Doakan kami semoga sukses,ya… ” pinta salah satu peserta.

  Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan modal usaha kepada para peserta.

Acara ditutup dengan pameran hasil karya peserta dan foto bersama. Hasil riasan para peserta ditunjukkan kepada para tamu undangan dalam bentuk fashion show.

Hartoyo San

Hartoyo San